Penyebab, Gejala & Cara Mengatasi Vertigo Secara Alami

Cara Mengatasi Vertigo Secara Alami

Penyebab, Gejala & Cara Mengatasi Vertigo Secara Alami – Padatnya aktivitas sehari-hari dapat menyebabkan tubuh menjadi lelah dan lemah. Kondisi tubuh yang lelah dan lemah inilah yang dapan memicu berbagai penyakit ringan hingga penyakit yang berat. Salah satu penyakit yang sering timbul akibat kondisi tubuh yang tidak fit adalah vertigo. Gejala awalnya menyerupai sakit kepala biasa, namun lama-kelamaan rasa sakit kepala tersebut justru semakin parah hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Bisa jadi, itu merupakan gejala awal vertigo

Apa itu Vertigo?

Vertigo adalah suatu gejala diri sendiri atau lingkungan disekitar seolah-olah berputar yang terjadi secara tiba-tiba. Seseorang yang menderita vertigo, akan merasa dirinya atau dunia sekitar terasa berputar disertai pusing atau sakit kepala. Gejala vertigo dapat bervariasi, mulai dari pusing yang ringan hingga yang parah dan berlangsung lama sehingga menghambat rutinitas penderitanya.

Penderita vertigo bisa menjadi lemah dan tak berdaya karena keseimbangan tubuhnya yang terganggu. Rasa pusing luar biasa yang kata orang dulu disebut “pusing tujuh keliling” ini bisa menyebabkan sang penderita kesulitan untuk beraktivitas sehari-hari. Seorang penderita vertigo merasa kesulitan untuk berdiri karena timbul perasaan tidak seimbang dan seolah-olah badan akan jatuh. Gejala lain yang menyertai Vertigo selain kehilangan keseimbangan adalah mual, muntah, berkeringat, dan kadang disertai gerakan mata yang tidak normal. Apabila vertigo menyerang, penderita vertigo hanya mampu beristirahat di atas kasur hingga kondisinya membaik.

Ciri-ciri / Gejala Penyakit Vertigo

  • Rasa sakit kepala yang sangat hebat.
  • Pusing saat kepala digerakkan
  • Rasa ingin muntah disertai dengan mual yang hebat.
  • Timbulnya keringat dingin.
  • Reaksi mata yang kurang peka sehingga jika ada gerakan mendadak maka kepala menjadi lebih pusing.
  • Penglihatan menjadi buram dan semua benda terlihat ganda.
  • Gangguan pendengaran saat sakit kepala.
  • Nafsu makan berkurang.
  • Tubuh terasa lemas dan sulit beraktifitas.

Jadi, Vertigo tidaklah sama dengan sakit kepala biasa/migrain.

Gejala Vertigo dimulai dari kepala yang terasa pusing

Penyebab Gejala Vertigo

Pada umumnya, Vertigo disebabkan karena ada gangguan pada telinga bagian dalam sehingga akan berpengaruh pada sistem keseimbangan tubuh. Selain itu, penyebab lainnya yang dapat menimbulkan gejala vertigo adalah:

1.Vertigo paroksismal
Vertigo paroksismal atau Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BBPV) adalah gejala vertigo yang terjadi akibat perubahan tertentu dari posisi kepala.

2. Trauma
Trauma/luka yang terjadi pada bagian kepala/leher akibat benturan fisik maupun kecelakaan bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit vertigo.

3. Migrain
Sakit kepala sebelah atau yang sering disebut migrain adalah salah satu jenis sakit kepala dengan rasa sakit yang tidak tertahankan dan dapat berpengaruh terhadap penglihatan dan keseimbangan tubuh. Migrain dapat berlangsung mulai dari beberapa menit hingga sampai berhari-hari. Migrain dapat menimbulkan gejala vertigo

4. Meniere
Meniere merupakan penyakit yang terjadi pada telinga bagian dalam karena ada banyak cairan yang tersimpan di dalam telinga/endolimfe

5. Penggunaan obat-obatan tertentu
Penggunaan jenis obat-obatan tertentu secara terus menerus yang menyebabkan kerusakan telinga juga dapat menimbulkan gejala vertigo.

6. Terdapat masalah pada otak
Gangguan yang terjadi pada otak dapat bervariasi seperti kerusakan pada leher, tumor pada otak, multiple sclerosis, stroke juga dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit vertigo.

7. Posisi tidur yang salah
Posisi tidur yang salah dapat menyebabkan tubuh pegal. Misalnya bantal kepala yang terlalu tinggi dan rendah serta bangun tidur secara tiba-tiba juga bisa menjadi salah satu penyebab vertigo.

8. Gangguan penglihatan
Selain untuk melihat, Mata juga dapat membantu dalam fungsi keseimbangan tubuh. Apabila terdapat masalah pada penglihatan, maka dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan dan memicu penyakit vertigo.

9. Faktor lain
Penyakit vertigo juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor lain, seperti pengaruh alkoho, perasaan cemas, menghirup zat kimia, dan berada dalam ruangan yang tertutup terlalu panas. Hal ini juga dapat menyebabkan vertigo.

Tips Mengatasi Vertigo

Selain penanganan langsung oleh dokter dan ahli terapi, Anda juga bisa melakukan sejumlah cara mengatasi vertigo saat kambuh. Langkah-langkah tersebut di antaranya adalah:

  1. Terapi Gerakan / Manuver Epley, Manuver Semont guna membantu otak untuk beradaptasi dengan sinyal yang membingungkan dari telinga yang menjadi penyebab vertigo, sehingga vertigo dapat berkurang.
  2. Ketika vertigo menyerang, segeralah beristirahat baik duduk maupun berbaring.
  3. Gunakan beberapa bantal agar posisi kepala saat tidur menjadi lebih tinggi.
  4. Gerakkan kepala secara perlahan-lahan.
  5. Hindari gerakan kepala berjongkok, mendongak, atau tubuh membungkuk.
  6. Menghindari gerakan secara tiba-tiba.
  7. Jangan mendadak bangun saat baru saja bangun tidur karena bisa menyebabkan pusing dan memicu vertigo.
  8. Lakukan latihan yang dapat memicu vertigo Anda. Dengan melakukan latihan, ttak Anda akan menjadi terbiasa . Lakukan latihan ini dengan meminta bantuan orang lain.
  9. Jika Anda menderita penyakit Meniere, kurangi konsumsi garam.
  10. Hindari tempat umum yang ramai dan penyebab dada sesak karena bisa memicu serangan vertigo.
  11. Hindari memakai gadget di dalam kendaraan.
  12. Jika Anda memiliki vertigo akibat gangguan infeksi telinga, persiapkan diri ketika bepergian dengan pesawat
  13. Hindari mendengarkan musik yang terlalu keras dan cahaya yang terlalu kuat.
  14. Konsumsi air putih yang cukup setiap hari agar terhindar dari kekurangan air putih / dehidrasi.
  15. Berhenti untuk minum minuman yang mengandung alkohol
  16. Jika Anda seorang perokok, maka berhentilah merokok dari sekarang.

Terapi dan Gerakan untuk Mengatasi Vertigo secara cepat

1. Cara Mengatasi Vertigo dengan Terapi Gerakan / Manuver Epley

Jika vertigo berasal dari telinga bagian kiri, lakukanlah gerakan terapi vertigo berikut ini

  • Duduklah di pinggir kasur. Putar kepala Anda 45 derajat ke kiri. Letakkan bantal di belakang Anda agar nanti ketika Anda berbaring, bantal akan bertumpu di antara bahu, bukan di bawah kepala Anda.
  • Segeralah berbaring. Kepala menghadap kasur, kepala tetap dalam sudut 45 derajat. Bantal harus berada di bawah bahu Anda. Tunggu selama 30 detik
  • Putar kepala Anda 90 derajat ke kanan tanpa mengangkatnya. Tunggu 30 detik.
  • Putar kepala dan tubuh Anda dari sisi kiri ke sisi kanan, jadi Anda bisa melihat lantai. Tunggu 30 detik.
  • Perlahan-lahan duduk lagi, tapi tetaplah di kasur selama beberapa menit.
  • Kalau vertigo berasal dari telinga kanan, Anda tinggal mengulang langkah yang sama seperti di atas. Duduklah di pinggir kasur, putar kepala Anda 45 derajat ke kanan, dan lanjutkan langkah-langkah selanjutannya.

Lakukan gerakan ini 3 kali sebelum tidur setiap malamnya.

2. Cara Mengatasi Vertigo dengan Terapi Gerakan / Manuver Semont

Jika vertigo berasal dari telinga bagian kiri, lakukanlah gerakan terapi vertigo berikut ini

  • Duduk di pinggir kasur Anda. Putar kepala Anda 45 derajat ke kanan.
    Segera berbaring ke sisi kiri Anda. Tunggu 30 detik.
  • Segera pindah posisi ke sisi yang berlawanan. Jangan ganti arah kepala Anda. Tetap jaga sudut 45 derajat dan tunggu 30 detik. Lihat ke lantai.
  • Kembali duduk secara perlahan dan tunggu beberapa menit.
  • Lakukan gerakan yang sama untuk telinga kanan. Duduk di pinggir kasur Anda. Putar kepala Anda 45 derajat ke kiri. Segera berbaring ke sisi kanan Anda. Tunggu 30 detik.

Lakukan gerakan ini 3 kali sehari.

3. Cara Mengatasi Vertigo dengan Terapi Gerakan Bradt Daroff

• Duduklah di tepi ranjang dengan tungkai kaki yang menggelantung. Pastikan posisi badan Anda tegak dan lurus
• Tutup mata Anda kemudian berbaring ke sisi kanan dengan cepat. Pertahankan posisi ini selama 30 detik.
• Selanjutnya, bangun dan duduk kembali seperti posisi awal selama 30 detik.
• Kemudian, lakukan gerakan yang sama dengan langkah tadi, hanya saja kini ke arah yang berlawanan. Tutup mata Anda kembali kemudian berbaringlah ke sisi kiri. Pertahankan posisi ini selama 30 detik lalu duduk kembali seperti posisi awal.

Lakukan gerakan ini 3 kali sehari.

4. Cara Mengatasi Vertigo dengan Terapi Gerakan Manuver Foster/Half Somersault

  • Berlutut dan lihat ke atas menatap langit-langit untuk beberapa detik.
  • Sentuh lantai dengan kepala Anda dalam posisi sujud, tempelkan dahi Anda ke lantai/matras. Tunggu 30 detik
  • Putar kepala Anda ke arah telinga yang bermasalah. Jika Anda merasa pusing di sisi kiri, putar wajah ke siku kiri. Tunggu 30 detik.
  • Angkat kepala Anda sedikit sampai posisinya lurus horizontal dengan punggung Anda. Jaga kepala Anda tetap pada sudut 45 derajat. Tunggu 30 detik.
  • Segera angkat kepala Anda sampai ke posisi teratas, tapi tetap jaga kepala Anda menghadap bahu pada posisi yang sama dengan telinga yang bermasalah. Lalu, pelan-pelan bangun.

Anda bisa mengulangnya beberapa kali untuk mengurangi gejala vertigo. Setelah repetisi pertama, beristirahatlah selama 15 menit sebelum lanjut lagi ke repetisi kedua.

5. Cara Mengatasi Vertigo dengan Gerakan Follow Up

Setelah melakukan beberapa gerakan manuver tadi, cobalah untuk tidak menggerakkan kepala Anda terlalu jauh ke atas ataupun ke bawah. Biarkan tetap lurus ke depan.

Cara Mengatasi Vertigo secara Alami

Penderita Vertigo sebaiknya harus berkonsultasi dengan dokter tentang bagaimana cara untuk mengatasi gejala vertigo ini. Dokter akan mendiagnosis penyebab dari gejala vertigo yang Anda alami sehingga dapat menemukan solusi yang tepat untuk menyembuhkan penyakit vertigo Anda. Selain itu, ada beberapa tips untuk menghilangkan vertigo secara cepat yang dapat diterapkan oleh Anda di rumah, beberapa diantaranya yaitu:

1. Mencegah Penyakit Vertigo dengan Minum Air Putih dengan cukup
Minum air putih setiap hari merupakan salah satu gaya hidup sehat yang wajib Anda terapkan. Dalam sehari Anda harus minum minimal 8 gelas air putih agar kebutuhan cairan tubuh Anda terpenuhi. Seseorang yang meminum air putih kurang dari 8 gelas dalam sehari, cenderung akan kekurangan cairan/elektrolit (dehidrasi) dan dapat memicu vertigo. Maka dari itu, minumlah air putih minimal 8 sehari untuk mengurangi risiko serangan vertigo.

2. Mencegah Penyakit Vertigo dengan Rutin Sarapan
Terkadang seseorang sering melewatkan sarapan pagi dengan alasan pekerjaan dan lain sebagainya. Padahal, sarapan sangat penting untuk memberi nutrisi dan asupan energi sebelum tubuh memulai aktivitas di pagi hari. Saat Anda tidak sarapan, kondisi tubuh Anda akan cepat lelah sehingga dapat memicu gelaja vertigo. Selain itu, Anda harus memperhatikan pola makan di siang dan malam hari. Idealnya, seseorang harus makan sebanyak 3 kali dalam sehari agar asupan gizi untuk tubuh tetap terjaga. Upayakan untuk makan tepat waktu dan jangan sampai telat.

3. Mencegah Penyakit Vertigo dengan Mengurangi konsumsi Kopi
Jika Anda adalah seorang pecinta kopi, sebaiknya Anda harus membatasi konsumsi kopi per harinya. Kandungan kafein dalam kopi dapat membuat Anda susah tidur dan ingin buang air kecil. Hal tersebut dapat memperparah gelaja vertigo anda. Selain itu, Kafein yang berlebihan juga dapat merusak sistem metabolisme dalam tubuh berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda harus membatasi minum kopi tidak lebih dari dua gelas tiap sehari.

4. Mencegah Vertigo dengan Makan Makanan Berprotein
Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein seperti daging, ayam, dan kacang-kacangan dapat menjaga tubuh untuk tetap sehat dan fit. Makanan yang mengandung protein dan asam amino sangat baik untuk menjaga serta memperbaiki fungsi sel-sel syaraf dan jaringan tubuh. Oleh karena itu, makanan berprotein sangat dianjurkan untuk penderita vertigo.

5.Cara Mengatasi Vertigo secara alami dengan Makanan Pedas
Terhambatnya aliran darah ke otak dapat memicu vertigo. Makanan yang pedas dapat memperlancar aliran darah. Zat capsaisin yang ada dalam cabai ini akan memberikan sensasi panas pada tubuh sehingga peredaran darah lebih terbuka dan menjadi lancar. Meskipun begitu, janganlah terlalu banyak makan makanan pedas karena dapat mengakibatkan sakit perut dan gangguan pencernaan lainnya

6. Mencegah Vertigo dengan Mengonsumsi Susu dan Olahan Sejenisnya
Susu dan olahan susu lainnya seperti yoghurt sangat baik dikonsumsi bagi penderita vertigo. Selain untuk menambah asupan gizi dan menunjang kesehatan, susu juga dapat membuat tubuh menjadi rileks. Sebelum tidur, sebaiknya minum segelas susu hangat agar tidur Anda terasa lebih nyaman.

7. Cara Mengobati Vertigo dengan Latihan Berkonsentrasi
Cobalah menatap suatu objek yang berada di depan Anda saat Anda merasakan gejala vertigo muncul. Jika Anda berada di luar ruangan, Anda bisa memperhatikan kendaraan yang berlalu lalang satu persatu. Berlatihlah untuk fokus melihat benda selama lima menit agar mengurangi risiko kehilangan kesadaran saat vertigo.

8. Cara Mengatasi Vertigo dengan Latihan Fisik
Gerakan ringan seperti menggerakkan kepala, sendi, dan bola mata dapat menjadi latihan fisik bagi Anda yang menderita vertigo. Untuk meningkatkan kinerja mata, Anda dapat melatih gerakan bola mata Anda ke kiri dan ke kanan selama beberapa menit. Anda juga bisa melakukan YOGA untuk melatih keseimbangan tubuh. Yoga sangat berguna untuk melatih saraf di kepala lebih aktif dan mencegah Anda untuk kehilangan kesadaran saat vertigo.

9. Cara Mengobati Vertigo dengan Menghirup Aromaterapi
Cara yang bisa Andalakukan untuk meredakan vertigo adalah dengan menghirup aromaterapi. Aroma terapi dengan wangi citrus dapat membantu untuk meredakan rasa mual dan pusing saat vertigo. Anda juga dapat menggunakan aroma terapi lainnya sesuai dengan kesukaan Anda seperti minyak kayu putih yang dapat meredakan saraf-saraf kepala yang tegang dan memberikan efek relaksasi untuk mengurangi gejala vertigo.

10. Cara Mencegah Vertigo dengan Memperbaiki Posisi Tidur
Memperbaiki posisi tidur juga dapat mengurangi gelaja vertigo. Sebaiknya posisi bantal kepala Anda sedikit lebih tinggi saat akan tidur di malam hari. Selain itu, pada saat Anda baru bangun tidur, bangunlahh secara perlahan dan hindari gerakan badan dan kepala secara tiba-tiba. Duduklah selama 1-2 menit setelah bangun tidur sebelum beranjak dari tempat tidur Anda.

11. Cara Mencegah Penyakit Vertigo dengan menjaga Kesehatan Telinga
Seperti yang telah disebutkan di awal bahwa penyebab vertigo adalah karena adanya gangguan pada telinga bagian dalam. Jika anda menderita vertigo, maka menjaga kesehatan telinga adalah hal yang penting dengan cara membersihkan telinga minimal dua kali dalam 1 minggu agar kotoran tidak menumpuk pada telinga Anda.

12. Cara Mencegah Penyakit Vertigo dengan Tidak Menggunakan Smartphone/Gadget di Dalam Kendaraan
Terakhir, hindari menggunakan gadget ketika berada di atas kendaraan seperti bus, kereta, dan angkutan umum. Sebagian besar kendaraan umum menggunakan kursi penumpang yang tidak searah dengan kursi supir. Para penumpang akan duduk menyamping saat kendaraan melaju. Menggunakan gadget saat berada di dalam kendaraan dengan posisi menyamping akan berisiko membuat Anda pusing dan dapat memicu vertigo.

Cara Mengobati Vertigo

Banyak tanaman obat yang memberikan khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Berikut adalah cara mengobati vertigo secara alami dengan menggunakan ramuan herbal disekitar kita. Ramuan herbal untuk penyembuhan penyakit vertigo dibuat secara alami dan aman untuk dikonsumsi. Beberapa diantaranya :

1. Cara Mengobati Vertigo dengan Teh Jahe
Jahe merupakah rempah yang sering ditemukan pada bumbu dapur. Jahe juga ternyata memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Jahe sendiri telah dikenal dapat menyembuhkan berbagai jenis sakit kepala. Salah satu diantaranya penyakit vertigo. Manfaat jahe untuk vertigo adalah memperlancar aliran darah ke otak, sehingga rasa pusing dapat berkurang. Cara yang nikmat untuk mengonsumsi jahe adalah dengan mencampurkannya ke dalam teh. Masukkan 1-2 potong jahe yang telah dikupas dan dicuci bersih ke dalam teh panas dengan gula sedikit. Minumlah saat hangat agar khasiatnya teh jahe lebih terasa.

2. Cara Mencegah Vertigo dengan Yoghurt dan Strawberry
Ketika vertigo menyerang, badan akan terasa lemah dan tidak berdaya. Penting bagi penderita vertigo untuk memperhatikan asupan gizi yang masuk ke tubuhnya. Mengonsumsi yoghurt dan strawberry akan sangat membantu untuk menunjang stamina dan kesehatan Anda. Campurkan strawberry segar ke dalam yoghurt segar dan dingin maka tubuh Anda akan lebih segar.

3. Cara Mengatasi Vertigo dengan Minyak Wijen dan Kapulaga
Minyak wijen dan kapulaga dapat membantu meredakan vertigo. Campurkan 2 sendok minyak wijen dengan bubuk kapulaga secukupnya. Oleskan campuran tersebut ke kening dan pelipis Anda, kemudian urut kepala dan kening Anda dengan lembut untuk memperlancar aliran darah ke otak agar gejala vertigo yang Anda alami dapat berkurang.

4. Cara Mengatasi Vertigo dengan Minum Jus Lemon
Jus lemon merupakan minuman yang sangat menyegarkan, terutama untuk penderita vertigo. Anda bisa mengonsumsi jus lemon segar. Jus lemon lebih segar jika disajikan dalam keadaan dingin. Jus lemon yang segar akan mengurangi rasa sakit kepala, mual dan muntah.

5. Cara Mengatasi Vertigo dengan Ginkgo Biloba
Ginkgo biloba dikenal dapat meredakan berbagai jenis sakit kepala, termasuk vertigo. Ginkgo Biloba dapat memperlancar aliran darah ke otak. Ginkgo biloba dapat meringankan gejala vertigo. Banyak suplemen ginkgo biloba yang tersedia di apotek dan toko ramuan china. Selain itu, Anda juga dapat membuat ramuannya sendiri dengan cara merebus 5 lembar daun ginkgo biloba ke dalam 3 gelas air. Rebus kemudian tunggu hingga air berkurang menjadi 1 gelas saja lalu saring dan minum air rebusannya.

6. Cara Menghilangkan Vertigo dengan Madu dan Ketumbar
Ramuan madu dan ketumbar juga dapat membantu meredakan vertigo. Rendamlah biji ketumbar secukupnya ke dalam air dan diamkan selama 24 jam. Setelah itu, ambil airnya. Tambahkan madu kemudian diaduk rata. Anda dapat menambahkan perasan air lemon sebelum diminum untuk menambah cita rasa.

7. Cara Mengatasi Vertigo dengan Lada dan Lemon
Campurkan sedikit lada ke dalam segelas jus lemon. Mungkin rasanya akan sedikit aneh karena jus lemon yang asam ditambahkan dengan lada yang rasanya pedas. Meskipun begitu, ramuan lada dan lemon ini bisa membantu mengurangi rasa nyeri dan pusing saat vertigomenyerang.

8. Cara Menyembuhkan Vertigo dengan Mengkudu
Banyak yang tidak menyukai rasa dan aroma dari buah mengkudu. Meskipun begitu, buah mengkudu memiliki manfaat bagi penderita vertigo. Buah mengkudu juga banyak dijual dalam bentuk ekstrak mengkudu. Aroma dan rasa mengkudu yang kurang enak sudah tidak terasa lagi apabila dikonsumsi dalam bentuk kapsul. Namun akan lebih baik jika Anda mengonsumsinya secara langsung, Anda dapat membuat jus mengkudu dan diminum sebanyak 1 gelas dalam sehari.

9. Cara Menyembuhkan Vertigo dengan Daun Pegagan
Daun pegagan juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mengobati penyakit vertigo. Tanaman ini bisa Anda jumpai dengan mudah di pinggir jalan dan di pinggir sungai dengan jumlah yang melimpah. Tanaman ini seringkali diabaikan karena masih belum banyak yang mengetahui manfaat dari daun pagagan ini. Kandungan dalam Daun pegagan bermanfaat sebagai anti infeksi. Oleh karena itu, daun ini berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan penyebab radang pada telinga dalam. Cara membuat ramuan daun pegagan yaitu cukup merebus segenggam daun pagagan dengan 3 gelas air. Rebus sampai airnya berkurang menjadi 1 gelas lalu saring dan minum airnya.

10. Cara Mengobati Vertigo dengan Jeruk Nipis
Jeruk nipis sering kita pakai untuk menghilangkan amis pada makanan seperti pada Soto, tongseng dll. Selain itu, jeruk nipis juga dapat dijadikan obat yang dapat meredakan vertigo. Kandungan dalam jeruk nipis dapat meredakan rasa mual dan muntah, sehingga akan membuat kondisi Anda lebih baik saat vertigo menyerang. Untuk merasakan manfaat dari jeruk nipis, Anda bisa membuat air hangat atau teh hangat, kemudian campurkan perasan jeruk nipis. Minumlah sebanyak 2 kali sehari.

11. Cara Mengobati Vertigo Secara Tradisional dengan Ramuan Temulawak
Temulawak merupakan tumbuhan yang memiliki umbi layaknya kunyit. Temulawak dikenal berkhasiat sebagai penambah nafsu makan. Untuk membuat ramuan temulawak, pertama cuci bersih temulawak dan iris tipis, kemudian rebus dengan 3 gelas air. Tunggu sampai kadar airnya berkurang hingga tersisa 1 gelas saja. Setelah itu, saring dan minumlah ramuan temulawak tersebut. Tambahkan gula merah untuk menambah cita rasa. Ramuan temulawak dipercaya dapat meringankan rasa sakit akibat vertigo.

Sekian artikel Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Vertigo Secara Alami dari Weallmadhere.com Selalu konsultasikan kepada dokter terpercaya Anda untuk mendapatkan pengobatan yang tepat untuk gejala vertigo yang anda alami. Semoga artikel ini menjadi referensi tambahan Anda dalam memahami serta mengobati penyakit vertigo.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *